Cara memutihkan gigi adalah jenis perawatan yang hanya boleh dilakukan oleh dokter gigi atau profesional yang ahli dalam bidang ini, misalnya ahli kesehatan gigi atau terapis gigi yang memiliki resep dokter gigi. Anda mungkin menemukan salon rambut yang menawarkan perawatan pemutihan gigi, tetapi praktiknya dapat diklasifikasikan sebagai ilegal.

Karena itu, demi kesehatan mulut Anda, hindari perawatan pemutihan gigi di luar klinik gigi. Dokter Anda akan menyarankan perawatan terbaik untuk kondisi Anda. Untuk itu Berikut adalah 5 cara memutihkan gigi dengan perawatan Dokter Gigi yang wajib diketahui sebelum pergi ke klinik gigi.

3 Cara Memutihkan Gigi dengan Perawatan Dokter Gigi

1. Pasta gigi pemutih resep dokter

Pasta gigi pemutih mengandung zat abrasif (keras) seperti alumina, silika, kalsium karbonat, dan kalsium fosfat yang dapat menghilangkan noda kusam pada gigi yang bermasalah. Padahal, ada banyak pasta gigi pemutih yang dijual bebas di pasaran. Namun, zat ini lebih abrasif, terutama dalam hal pasta gigi pemutih yang diresepkan oleh dokter. Akibatnya, pasta gigi ini lebih efektif menyembunyikan noda pada gigi daripada pasta gigi biasa.

Wajib dipahami bahwa pasta gigi ini tidak menghilangkan noda yang sudah meresap ke bagian terdalam gigi. Meski namanya pemutih, pasta gigi ini hanya bisa menutupi noda di bagian luarnya atau permukaan gigi saja. Agar metode pemutihan ini bekerja dengan baik, pastikan metode menyikat Anda benar. Sikat semua gigi secara menyeluruh, mulai dari area gigi kunyah hingga geraham di dekat lidah dan pipi.

2. Veneer

Salah satu cara memutihkan gigi yang paling populer di dokter adalah veneer. Veneer adalah lapisan tipis suatu bahan khusus yang menutupi permukaan gigi. Bahan yang digunakan sebagai pelapis ada berbagai macam jenisnya dan dapat dibuat dari porselen, komposit, dan keramik. Lapisan buatan ini dapat membuat gigi lebih putih, bersih dan cerah. Cara ini juga dapat dilakukan untuk memperbaiki struktur pada gigi yang tidak rata.

Biaya untuk mencoba veneer sendiri tergantung pada jenis bahan yang digunakan dan jumlah gigi yang akan di veneer. Untuk Veneer porselen lebih diminati karena tahan lama dan dapat menghasilkan warna putih cemerlang alami. Veneer bisa memutihkan gigi, tapi bisa membuat gigi lebih sensitif. Itu karena proses pemasangan veneer mengharuskan dokter untuk memperbaiki yang rusak.

3. Dental bonding

Dental bonding adalah metode lain yang dapat digunakan dokter untuk memutihkan gigi. Dental bonding juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan veneer. Untuk Perawatannya sendiri biasanya memakan waktu sekitar 30 hingga 60 menit. Untuk Dental bonding , dokter mengikir gigi sehingga memiliki permukaan yang kasar. Cairan khusus dioleskan ke permukaan gigi sebagai zat pengikat.

Kemudian dokter gigi akan mengoleskan sebuah resin komposit pada permukaan gigi yang bermasalah. Resin komposit merupakan bahan khusus yang dapat digunakan untuk menggantikan struktur gigi yang rusak dan memperbaiki pada warna dan kontur gigi.

Dokter Anda akan mencocokkan warna resin komposit dengan warna alami gigi. Setelah resin komposit berhasil diaplikasikan pada permukaan gigi, dokter menggunakan sinar ultraviolet untuk mengeraskannya.

Akhir Kata

Banyak orang yang ingin memiliki gigi putih bersih dan terhindar dari gigi kuning, namun jangan khawatir. Karena Saat ini sudah banyak dokter berspesialis di bidang perawatan gigi. Jadi Jangan ragu untuk bertanya kepada dokter gigi tentang risiko yang terkait dengan berbagai macam jenis perawatan dan bagaimana cara memutihkan gigi yang baik dan benar. Karena sang Dokter akan menjawab semua informasi secara akurat dan jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *