Pernah mengalami atau sedang mengalami rasa nyeri pinggang bagian kanan? Tapi tak perlu khawatir mengatasi nyeri pinggang kanan adalah hal mudah yang bisa anda lakukan, namun cara ini bukan mengobati secara instan tapi lebih untuk ke pencegahan di masa mendatang. Dalam hal ini terdapat berbagai cara ampuh yang memang dianjurkan bagi anda yang mengalami nyeri pinggang kanan. Untuk anda yang penasaran, simak cara mengatasi nyeri pinggang kanan dibawah ini !

Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Pinggang Kanan?

1. Berhenti merokok

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri pinggang kanan adalah berhenti merokok. Menurut beberapa ahli yang melakukan penelitian, mengatakan bahwa rokok tidak baik bagi kesehatan dan dapat menyebabkan kanker. Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan resiko seseorang terkena osteoporosis atau pengereposan tulang.

Sehingga hal ini dapat menimbulkan berbagai keluhan persendian, salah satunya seperti sakit pinggang atau sakit punggung bagian bawah. Oleh sebab itu, jika anda sering mengalami sakit pinggang bagian kanan karena rutin merokok, anda bisa mulai mengurangi merokok ataupun berhenti merokok denmi kesehtan tubuh anda.

2. Menjaga berat badan ideal

Cara selanjutnya untuk mengatasi nyeri pinggang kanan adalah dengan menjaga berat badan yang ideal. Hal ini sangat penting untuk anda jaga. Sebab, menjaga berat badan dan menurunkan berat badan tetap ideal perlu dilakukan, yang mana hal ini berguna untuk mengurangi resiko ketegangan otot dan sakit pinggang.

Karena, berat badan yang berlebihan dapat memberikan tekanan yang lebih besar pada tulang bagian belakang. Sehingga hal tersebut menjadi rentan dan dapat mengakibatkan nyeri pinggang.

3. Menjaga postur tubuh

Seseorang lebih besar resiko mengalami sakit pinggang bagian kanan karena tidak menjaga postur tubuhnya. Oleh sebab itu, anda biasakan untuk berdiri dan duduk dengan posisi punggung yang tegak dan juga berpijak dengan kedua kaki dengan seimbang.

4. Menghindari duduk terlalu lama

Untuk selanjutnya yang bisa menyebabkan pinggang kanan terasa sakit adalah karena duduk terlalu lama dengan posisi yang sama. Hal ini harus kita hindari, sebab tubuh kita hanya diam di tempat tidak melakukan aktivitas apapun.

Oleh sebab itu, gantilah posisi duduk setidaknya setiap 30 menit dengan tujuan agar anda tidak mengalami ketegangan otot. Akan lebih baik lagi di sela-sela aktivitas anda melakukan peregangan dengan menggunakan bantal punggung.

5. Aktivitas fisik

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk mengatasi nyeri pinggang kanan adalah dengan melakukan aktivitas fisik. Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga dapat membuat otot menjadi lebih lentur dan mengurangi risiko cedera. Salah satu cara untuk mengatasi sakit pinggang adalah dengan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik kurang lebih 20-30 menit.

Anda bisa mencoba jenis olahraga aerobik, fleksibilitas, dan latihan kekuatan. Olahraga juga perlu difokuskan pada bagian perut dan punggung karena kedua bagian tersebut menopang tulang belakang bagian bawah. Ini menjadi salah satu cara mengatasi sakit pinggang yang ampuh.

6. Mengoleskan cream pereda nyeri

Perlu anda ketahui bahwa mengoleskan cream pereda nyeri juga merupakan cara yang tepat untuk mengatasi nyeri pinggang. Sementara cream yang bisa anda gunakan adalah cream yang memiliki kandungan capsaicin, yang merupakan komponen yang biasanya ditemukan dalam cabai. Hal ini telah dijelaskan oleh seorang peneliti bahwa kandungan capsaicin yang terdapat pada cream dipercaya mampu mengatasi rasa nyeri yang dialami oleh penderita. Maka dari itu, bagi anda yang mengalami nyeri pinggang kanan, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba menggunakan dan mengoleskan cream yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *